Selasa, 02 Oktober 2012

Uniknya "Telur Paskah" Google

Uniknya "Telur Paskah" Google  - Siapa yang tidak mengetahui Google? Selain canggih, juga dikenal kreatif. Salah satu hatu yang paling kreatif adalah mengenai "Telur Paskah" Google.
Dibalik kecanggihan dan kretifnya itu, Google juga mempunyai beberapa kejutan atau hadiah paskah yang biasanya berupa telur paskah. Filosofi telur paskah adalah telur ayam utuh yang sudah diukir sedemikian rupa sehingga tampak menarik dan menyampaikan pesan dibalik karya seni tersebut. Namun, untuk mendapatkan telur itu kita harus mencarinya, dimana telur itu sudah disembunyikan. Sedangkan hubungan dengan telur paskah Google adalah berhubungan dengan kata kunci yang akan kita pakai. Jadi, ada beberapa kata kunci jika kita ketik maka akan menjadi hiburan tersendiri.
Mungkin langsung saja pada penjelasan mengenai "Telur Paskah" Google, sehingga kita menemukannya bukan karena ketidaksengajaan melainkan sudah mengetahui dimana letak telur paskah tersebut.

1.      Zerg Rush
Menuliskan Zerg Rush pada kotak pencarian di Google akan memunculkan logo-logo aneh berbentuk lingkaran yang secara perlahan akan memakan seluruh hasil pencarian kita.

Zerg sendiri adalah salah satu ras di game StarCraff, sedangkan rush dalam video game biasanya digambarkan sebagai serangan oleh sekelompok pasukan yang datang secara tiba-tiba.

Hmm.. Sepertinya salah satu engineer Google ada yang tergila-gila dengan game RTS seperti StarCraft.


Screenshot : Zerg Rush

2.      Do a Barrel Roll
Jangan kaget jika Anda mengetikan kata do a barrel roll pada kotak pencarian Google.
      Secara tiba-tiba halaman berputar 360 derajat. Cukup mengejutkan, bukan?

Screenshot :  Do a Barrel Roll

3.      Tilt
     Mengetikkan kata Tilt pada kotak pencarian Google maka secara otomatis tampilan web pengguna akan terlihat miring, persis dengan perintahnya (tilt=miring).
Untuk mencoba hal ini pengguna diwajibkan memakai browser Chrome atau Firefox terbaru.

Screenshot : Tilt
4. Qingming Festival
   Qingming adalah salah satu festival rutin yang diselenggarakan di China untuk menghormati para leluhur mereka.
   Saat mengetikkan kata Qingming Festival pada kotak mesin pencari, maka Google akan menampilkan beberapa kebudayaan khas China, misalnya penampakan bocah yang sedang duduk di atas kerbau sembari memainkan seruling.
   Sayangnya, easter eggs ini tidak bisa diakses setiap saat, alias hanya pada waktu-waktu tertentu.
Selain kata kunci di atas, Google juga memiliki 'telur paskah' lain yang tak kalah seru seperti Kwanzaa, Google Comic Sans/helvetica, Let it Snow, Google Christmas Lights, dan lain-lain. Sayang, seluruh easter eggs tersebut telah dihapus.

Screenshot : Qingming Festival

Mungkin itu hanyalah beberapa Telur Paskah Google yang saya rangkum. Sebenarnya masih banyak atau ada beberapa telur paskah Google, namun yang saya sebutkan diatas itu adalah yang menarik.
Demikian Artikel saya tentang Uniknya "Telur Paskah" Google di blog saya Hanya Mau Berbagi Ilmu Saya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar